Penebangan pohon yang tak bersalah

Tadi balik dari Ciwalk menggunakan angkot Caheum-Ciroyom sekitar jam 11 siang. Pas di depan suatu kantor setelah Ardan, gw melihat hal yang sangat menyebalkan sampai-sampai gw ngomong ANJING! ( tapi ga keras), geleng2 kepala, dn mood gw langsung berubah jadi kesal. Tau kenapa? Karena di depan kantor itu, menumpuk potongan kayu2 yang berasar dari 3 ( kalo ga salah liat) pohon besar yang banyak di sepanjang jalan Cipganti. Kalo ga salah pohon angsana. Kalo salah, tolong dibenarkan.

Gw kesal banget ngeliat pemandangan itu!!

Gimana engga?? Pohon itu sudah berhasil hidup puluhan tahun hingga sebesaritu, mensubsidi O2 dan membantu mengurangi polusi, membuat bandung tambah asri, sejuk, indah, adem, enak dilihat. Pokoknya BAGUS. EH!! Dengan gampangnya ditebang!! Bego banget seh!! Padahal gw liat di bagian atas ga da kabel listrik kok!! Kenapa juga ditebang!!

Kan kasian pohonnya. Sudah capek2 bertahan hidu, eh ditebang! Gw yakin, pohon itu umurnya lebih tua dari yang nebang ato yang nyuruh nebang!!

Ga Cuma di Cipaganti, di Dago dan BANYAK wilayah lain di Bandung yang pohonnya di tebang. Pohon kan ga bersalah!! Kata si Rime, tu pohon di tebangin karena umurnya pendek. Takutnya keropos dan tumbang. Loh??!! Kalo tau umurnya pendek, kenapa ditanem coba?? Kenapa bukan pohon yang berumur panjang?? Parah banget seh pihak Pertamanan ini!! Melakukan keputusan tanpa berfikir panjang.

Ditambah lagi, setelah ditebang, baru ditanam pohon kecil, yang rentan, yang bisa dilihat di banyak bagian bandung, tidak mampu hidup dengan maksud menggantikn pohon besar. Kok pohon besar diganti dengan yang kecil? Pa lagi terlihat tidk dirawat..

Walaupun mau ditebang dengan alasan tidak membahayakan orang banyak karena takut ranting yang patah, kan bisa dipotong aja cabangnya.. bukan satu pohon dimatikan!!

Ada lagi.

Tau pohon di Balubur yang ditebang?aku juga baru sadar setelah bicara dengan Rime. Pohon itu ternyata oleh masyarakt balubur digunakan sebagai tempat pembakaran sampah. Selain itu, akar utamanya yang besar dipotong. Hal ini mengakibatkan pohon tidak memiliki pegangan yang kuat, dan akan mudah tumbang. Pa lagi buat bakar2 sampah, ya.. jadi sekarat lah dia. Akhirnya, ditebang pohon itu.

Banyak lah contoh yng menyebalkan seperti ini. Ga da habisnya deh…

Dulu aku tertarik ke Bandung karena Bandung itu sejuk, banyak pohon, ga kaya di Jakarta. Sekarang??pada di tebang.

Di ITB sendiri aja di wilayah belakang perpus beberapa ada yang tebang. Entah kenapa. Padahal pohon tu ga makan manusia.. L

Semoga.. pohon2 besar tumbang karena kejahatan manusia jumlahnya semakin menurun dan manusia sadar betapa butuhnya mereka terhadap pohon. Ingat: Global Warming


About this entry


0 komentar: